Penyiapan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Berdasarkan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah
Pertanyaan yang diajukan tentang pengelolaan
perpustakaan sekolah.
Panduan penilaian guru dengan tugas tambahan
sebagai kepala sekolah
no
|
Indikator Kinerja
|
Data Kinerja Kepala Sekolah yang Diharapkan
|
Kode
|
Data Otentik yang Diperoleh
|
|
Kepala Sekolah mengarahkan pengelolaan administrasi
perpustakaan secara efektif
|
Terdapat dokumen penugasan pengelola, tata tertib
perpustakaan, koleksi buku pelajaran, referensi, laporan pengadaan buku, pencatatan
dan pengkodean buku, data sirkulasi, data kehadiran pengunjung, dan laporan
tahunan
|
a
|
a. Strategi pembinaan pengelolaan administrasi
perpustakaan
|
|
|
|
|
b. Laporan pengelolaan per bulan, semester dan tahunan
|
|
|
|
|
c. SK penugasan pengelola perpustakaan, struktur
organisasi perpustakaan, dan rincian tugasnya
|
|
|
|
|
d. tata tertib pengunjung dan peminjam buku
perpustakaan
|
|
|
|
|
e. pencatatan, pengkodean dan penambahan data koleksi
buku, referensi buku fiksi dan nonfiksi
|
I.
Pendahuluan
Perpustakaan sekolah adalah salah satu jenis perpustakaan di Indonesia
seperti yang tercantum dalam Bab VII pasal 20 UU RI No. 43 tahun 2007.
Perpustakaan sekolah merupakan bagian
integral dari lembaga yang bernama sekolah, bukan sesuatu yang berdiri sendiri.
Setiap sekolah/madrasah harus menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi
standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan.
Perpustakaan sekolah wajib memiliki koleksi buku teks pelajaran yang ditetapkan
sebagai buku teks wajib pada satuan pendidikan yang bersangkutan dalam jumlah
yang mencukupi untuk melayani semua peserta didik dan pendidik. Selain itu
perpustakaan sekolah/madrasah juga mengembangkan koleksi lain yang mendukung
pelaksanaan kurikulum pendidikan, mengembangkan layanan perpustakaan berbasis
teknologi informasi dan komunikasi dan terakhir mengalokasikan dana 5% dari
belanja operasional sekolah/madrasah
Acuan normatif adanya perpustakaan sekolah dan sarana prasarananya
yaitu:
1.
UU RI No. 43 tahun 2007 tentang
perpustakaan
2.
Permendiknas No. 24 Tahun 2007
tentang standar sarana dan prasarana untuk sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah
3.
Permendiknas No. 25 tahun 2008
tentang standar tenaga perpustakaan sekolah/madrasah
4.
Daftar tajuk subyek perpustakaan
nasional 2010
5.
Peraturan pengatalogan Indonesia
2007
6.
Terjemahan klasifikasi dewey
desimal edisi ringkas
II.
Pembinaan pengelolaan administrasi
perpustakaan
a. Strategi pembinaan pengelolaan administrasi
perpustakaan sekolah
Kepala sekolah membuat kebijakan tentang
penyelenggaraan perpustakaan sekolah meliputi:
·
Visi misi perpustakaan sekolah
Visi perpustakaan sekolah disesuaikan dengan visi sekolah.
Contoh Visi Perpustakaan
Terwujudnya generasi
berbudaya baca, berpikir kreatif, inovatif dan berakhlak mulia
Misi perpustakaan
sekolah disesuaikan dengan misi
sekolah.
Contoh Misi Perpustakaan Sekolah
1. Meningkatkan kualitas layanan
2. Membiasakan budaya baca
3. Menumbuhkan kreatifitas
4. Menumbuhkan akhlak mulia
·
Struktur Organisasi
Kepala
Perpustakaan
|
Pengadaan Pengolahan Pelayanan
|
·
Pengelola perpustakaan
SK
Penugasan
PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO
DINAS PENDIDIKAN
SMK PGRI
SURAT PENUGASAN
Nomor: /
Yang bertanda
tangan di bawah ini :
Nama :
.......................................
NIP :
.......................................
Jabatan :
Kepala SMK
...................
Unit Kerja : SMK
........................ Kabupaten. Kulon Progo
Memberikan tugas
kepada
No
|
Nama
|
NIP
|
Jabatan
|
Tugas
|
1
|
|
|
|
Koordinator Perpustakaan
|
2
|
|
|
|
Pengadaan
|
3
|
|
|
|
Pengolahan
|
4
|
|
|
|
Sirkulasi
|
5
|
|
|
|
Komite Sekolah
|
6
|
|
|
|
Dewan Sekolah
|
Untuk
melaksanakan kegiatan melaksanakan pengelolaan perpustakaan SMK .........dari tanggal 1
Januari 2013 s/d tanggal 31 Desember 2013
Wates,
Kepala Sekolah
........................
NIP
·
Rincian Tugas
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Uraian Tugas
|
1
|
|
Kepala Sekolah
|
1.
Memimpin tenaga perpustakaan
sekolah
2.
Mengesahkan program kerja perpustakaan sekolah
3.
Mengevaluasi pelaksanaan program
kerja
4.
Mengembangkan perpustakaan
5.
Melakukan pengawasan penggunaan
anggaran
|
2
|
|
Koordinator Perpustakaan
|
1.
Merencanakan program kerja perpustakaan sekolah
2.
Melaksanakan program kerja
perpustakaan
3.
Memantau Pelaksanaan program
perpustakaan sekolah
4.
Mengevaluasi program
perpustakaan sekolah
5.
Menyusun anggaran perpustakaan
6.
Melakukan promosi dan kerjasama
|
3
|
|
Pengadaan
|
1.
Mengembangkan koleksi
perpustakaan
2.
Mengkoordinasi pemilihan materi
perpustakaan bekerjasama dengan tenaga pendidik
3.
Membuat kriteria tentang buku hadiah dan lembaga donor
4.
Mengevauasi dan menyeleksi
sumber daya informasi
5.
Bekerjasama dengan pemangku
kepentingan dalam pengembangan koleksi
6.
Melakukan pemesanan, penerimaan,
dan pencatatan
7.
Pemberian cap dan Inventarisasi
koleksi
|
4
|
|
Pengolahan
|
1.
Membuat deskripsi bibliografis
(pengatalogan) sesuai dengan standar nasional
2.
Menentukan deskripsi subyek dan
klasifikasi menggunakan Dewey Decimal Classification edisi
ringkas
3.
Menggunakan daftar tajuk subyek
dalam bahasa Indonesia
4.
Membuat kelengkapan koleksi
5.
Menjajarkan kartu katalog
6.
Melakukan perawatan koleksi
7.
Memanfaatkan teknologi infomasi
dan komunikasi untuk pengorganisasian dan penelusuran informasi
|
5
|
|
Pelayaan
|
1.
Merancang dan memberikan jasa
informasi
2.
Memberikan layanan baca di
tempat
3.
Menyelenggarakan jasa sirkulasi
4.
Merancang dan memberikan jasa
referensi
5.
Memberikan bimbingan penggunaan
perpustakaan bagi komunitas sekolah
6.
Memberikan bimbingan literasi
informasi
7.
Memberikan pelayanan alat
permainan edukatif
8.
Memberikan pelayanan audio
visual
9.
Menyiapkan dan melaksanakan
administrasi keanggotaan perpustakaan
10.
Membuat laporan sirkulasi
|
6
|
|
Dewan Sekolah
|
1.
Mengembangkan perpustakaan
2.
Mengembangkan koleksi
perpustakaan
|
7
|
|
Komite Sekolah
|
1.
Mengembangkan perpustakaan
2.
Melakukan pengawasan penggunaan
anggaran
|
·
Kebijakan program perpustakaan
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN
No
|
Jenis Kegiatan
|
jul
|
ags
|
sep
|
okt
|
nov
|
des
|
jan
|
feb
|
mar
|
apr
|
mei
|
jun
|
1
|
Persiapan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penyusunan
Sturktur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengankatan
Pengelola
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pembagian
Tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pelayanan
Paket
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Pembuatan
Administrasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Penyiapan
Kartu anggota
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Pembagian
kartu anggota
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Pengadaan
Koleksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Pengolahan
bahan pustaka
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Pelayanan
Sirkulasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Penagihan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Pemeliharaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Pengembalian
paket
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Pembuatan
Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Evaluasi
program
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
·
Kebijakan sarana prasarana
perpustakaan
Pengadaan Sarana dan
prasarana perpustakaan
Daftar Inventaris Sarana
dan prasarana perpustakaan SMK
PGRI Sentolo
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
Kondisi
|
1
|
Meja Koordinator Perpustakaan
|
|
|
2
|
Meja Sirkulasi
|
|
|
3
|
Meja Kerja
|
|
|
4
|
Meja Baca
|
|
|
5
|
Rak Buku
|
|
|
6
|
Rak Majalah
|
|
|
7
|
Rak Display
|
|
|
8
|
Rak penitipan tas
|
|
|
9
|
Rak Koran
|
|
|
10
|
Kursi baca
|
|
|
11
|
Kursi petugas
|
|
|
12
|
Kursi sirkulasi
|
|
|
13
|
Komputer
|
|
|
14
|
Printer
|
|
|
15
|
Almari
|
|
|
·
Kebijakan anggaran perpustakaan
Kepala
sekolah bersama-sama komite sekolah membuat kebijakan penentuan jumlah anggaran
dalam pembahasan Rencana Anggaran Pendapatan Sekolah tahun berjalan.
b.
Laporan pengelolaan per bulan, semester dan tahunan
Laporan kegiatan perpustakaan
Adapun kegunaan laporan/statisik untuk perpustakaan, antara lain :
a.
Untuk mengetahui keadaan tertentu,
misalnya jumlah pengunjung Perpustakaan SMK PGRI Sentolo bulan Juni 2013.
b.
Sebagai dasar pengambilan
keputusan/ kebijakan pimpinan perpustakaan :
-
Untuk dasar perencanaan kegiatan
yang akan dilaksanakan
-
Untuk control pelaksanaan
perencanaan, bila ada kesalahan bisa segera diperbaiki.
-
Untuk dasar evaluasi keberhasilan
perpustakaan.
c.
Untuk mengukur tingkat efektifitas
dan efisiensi pelaksanaan kegiatan dalam mencapai tujuan.
d.
Untuk menyusun laporan berkala
kepada pimpinan (laporan bulanan, laporan triwulan dan laporan tahunan)
e.
Untuk menyediakan data dan
informasi siap pakai kepada pihak yang memerlukan sewaktu-waktu, biasanya untuk
penelitian.
Laporan kegiatan perpustakaan meliputi:
1.
Laporan pengadaan koleksi
No
|
Judul
|
Pengarang
|
Penerbit
|
Jml
|
Harga
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Laporan jumlah koleksi
perpustakaan
DAFTAR KOLEKSI PERPUSTAKAAN
|
||||||||||
BULAN SEPTEMBER 2013
|
||||||||||
No
|
Subyek
|
awal
|
Perubahan
|
akhir
|
Keterangan
|
|||||
Jumlah
|
Tambah
|
Kurang
|
Jumlah
|
|||||||
Jdl
|
Eks
|
Jdl
|
Eks
|
Jdl
|
Eks
|
Jdl
|
Eks
|
|||
1
|
Karya
Umum (000)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Filsafat
(100)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Agama
(200)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ilmu
Sosial (300)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Bahasa
(400)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Ilmu
Murni (500)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Ilmu
Terapan (600)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Olahraga
dan Kesenian (700)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Sastra
(800)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Geografi
dan Sejarah (900)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Fiksi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Kliping
dan Laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Globe
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Peta
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Majalah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
AVA
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
APE
Dakon
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
APE
Catur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
APE
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Bacaan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
|
...........,
............2013
|
|||||||||
Kepala
Sekolah
|
Petugas
Perpustakaan
|
|||||||||
............................................
|
............................................
|
|||||||||
............................................
|
............................................
|
3.
Laporan peminjaman perpustakaan
Laporan Peminjaman
Perpustakaan SMK PGRI Sentolo
Hari ... tanggal ...
|
Guru
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
Kelas 6
|
100
|
|
|
|
|
|
|
|
200
|
|
|
|
|
|
|
|
300
|
|
|
|
|
|
|
|
400
|
|
|
|
|
|
|
|
500
|
|
|
|
|
|
|
|
600
|
|
|
|
|
|
|
|
700
|
|
|
|
|
|
|
|
800
|
|
|
|
|
|
|
|
900
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
Laporan pengembalian perpustakaan
Laporan Pengembalian
Perpustakaan SMK PGRI Sentolo
Hari ... Tanggal ...
|
Guru
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
Kelas 6
|
100
|
|
|
|
|
|
|
|
200
|
|
|
|
|
|
|
|
300
|
|
|
|
|
|
|
|
400
|
|
|
|
|
|
|
|
500
|
|
|
|
|
|
|
|
600
|
|
|
|
|
|
|
|
700
|
|
|
|
|
|
|
|
800
|
|
|
|
|
|
|
|
900
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
Laporan pengunjung perpustakaan
Laporan Pengunjung
Perpustakaan SMK PGRI Sentolo.
Bulan ....... Tahun .....
Tgl
|
Guru
|
Kelas 1
|
Kelas 2
|
Kelas 3
|
Kelas 4
|
Kelas 5
|
Kelas 6
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
21
|
|
|
|
|
|
|
|
22
|
|
|
|
|
|
|
|
23
|
|
|
|
|
|
|
|
24
|
|
|
|
|
|
|
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
27
|
|
|
|
|
|
|
|
28
|
|
|
|
|
|
|
|
29
|
|
|
|
|
|
|
|
30
|
|
|
|
|
|
|
|
31
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Laporan anggota perpustakaan
Laporan
Jumlah Anggota Perpustakaan SMK
PGRI Sentolo
Bulan ..... Tahun .....
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
1
|
Guru
|
|
2
|
Kelas 1
|
|
3
|
Kelas 2
|
|
4
|
Kelas 3
|
|
5
|
Kelas 4
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
|
Jumlah
|
|
7.
Laporan keuangan
Waktu Pembuatan laporan/statistik
Waktu
Pembuatan laporan/statistik
1.
Harian
Laporan
yang dibuat berdasarkan kejadian atau kegiatan harian per tanggal yang
dilaksanakan.
2.
Bulanan
Laporan
yang dibuat berdasarkan kumpulan laporan kegiatan harian
3.
Triwulanan
Laporan
yang dibuat berdasarkan kumpulan laporan kegiatan bulanan.
4.
Semesteran
Laporan
yang dibuat berdasarkan kumpulan laporan kegiatan bulanan dan triwulanan
5.
Tahunan
Laporan
yang dibuat berdasarkan kumpulan laporan kegiatan bulanan, triwulanan dan
semesteran
d. Tata tertib perpustakaan
Tata Tertib Perpustakaan
1.
Di dalam ruang perpustakaan harus
menjaga ketertiban dan ketenangan
2.
Tidak boleh membawa makanan, minuman dan merokok di
perpustakaan
3.
Tidak boleh membawa tas ke dalam ruangan
perpustakaan
4.
Tidak boleh gaduh/ramai di dalam
perpustakaan
5.
Tidak boleh mencorat-coret dan
menyobek buku perpustakaan
6.
Kartu anggota hanya boleh
digunakan untuk peminjaman bagi pemilik kartu
7.
1 kartu anggota diperbolehkan untuk
meminjam 1 eksemplar buku
8.
Peminjaman berlaku untuk waktu 1
minggu
9.
Buku dalam pinjaman yang hilang
harus diganti dengan judul yang sama atau diganti uang seharga buku yang hilang.
Jadwal
Jam Pelayanan perpustakaan
Hari
|
Petugas
|
Jam
|
Keterangan
|
Senin
|
|
|
|
Selasa
|
|
|
|
Rabu
|
|
|
|
Kamis
|
|
|
|
Jumat
|
|
|
|
Sabtu
|
|
|
|
e. Pencatatan, pengkodean dan penambahan data
koleksi buku paket, referensi buku fiksi dan nonfiksi
1.
Pencatatan
Pencatatan koleksi berupa
inventarisasi koleksi.
Buku inventaris
berisikan data tentang tanggal pencatatan, nomor inventaris, pengarang, judul,
cetakan, impresum (tempat terbit, penerbit,
tahun terbit) sumber/asal, bahasa , harga dan nomor klasifikasi
Contoh Inventaris Majalah/surat kabar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Judul
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Frekuensi Terbit
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Penerbit
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Asal
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
Tahun
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Harga Langganan
|
:
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bulan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
Jan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Feb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Apr
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mei
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jun
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ags
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sep
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Okt
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nov
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Des
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Contoh Inventaris Buku
Tgl
|
No inv
|
Pengarang
|
Judul
|
Cet/jil
|
Impresum
|
Asal
|
Bahasa
|
Harga
|
Klas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengkodean / Klasifikasi
Klasifikasi merupakan kegiatan pengelompokan bahan pustaka di
perpustakaan menurut golongan atau kelas tertentu dengan menggunakan sistem
tertentu yang sudah baku. Pengelompokan ini dilakukan untuk mempermudah petugas
perpustakaan dan pemustaka dalam memilih buku yang diinginkan. Untuk
perpustakaan sekolah lazim digunakan sistem klasifikasi persepuluhan Dewey atau
biasa disebut Dewey Decimal
Classification (DDC). Sistem klasifikasi DDC yang akan dipaparkan disini
adalah sistem DDC edisi ringkas terjemahan Towa P Hamakonda yang telah
disederhanakan sesuai kondisi di Indonesia.
Kelas
utama dalam DDC adalah sebagai berikut
000 Karya umum
100 Filsafat dan Psikologi
200 Agama
300 Ilmu-ilmu Sosial
400 Bahasa
500 Ilmu-ilmu Murni (Pasti/Alam)
600 Ilmu-ilmu terapan (Teknologi)
700 Kesenian, Hiburan, Olahraga
800 Kesusasteraan
900 Geografi dan Sejarah Umum
Untuk
lengkapnya dapat dilihat pada Bagan klasifikasi DDC edisi ringkas
Unsur
pokok DDC antara lain indeks relatif dan tabel pembantu,
Cara
pemberian klasifikasi
(1)
Penentuan Subyek
Sebelum kita memberikan
nomor klasifikasi maka pengklasifikasi harus menentukan subyek bahan pustaka
yang akan diberikan nomor klasifikasi. Subyek bahan pustaka bisa dilihat dari
judul koleksi, namun apabila belum dapat ditentukan maka dicari dari kata
pengantarnya, atau dibaca bab pendahuluan dan seterusnya sampai subyek koleksi
dapat ditemukan. Alat yang digunakan adalah Daftar Tajuk Subyek dari
Perpustakaan nasional Indonesia.
Judul Subyek
Matematika
kelas V matematika
Biologi
kelas VI Biologi
(2)
Penentuan nomor klasifikasi
Setelah penentuan subyek koleksi
maka dicari dalam indeks subyek yang telah ditentukan tadi. Dari indeks apabila
sudah diketemukan langsung kita cek pada bagan lengkap pada nomor yang
ditunjukkan pada indeks. Apabila dalam indeks tidak muncul maka kita bisa
langsung mencarinya di bagan lengkap DDC.
Subyek Indeks DDC Bagan
Lengkap
Matematika 510 510
Biologi 574 (dalam Indeks tertulis Ilmu Hayat 574
Penambahan data koleksi buku paket
Pembuatan
dokumen penambahan buku paket pada prpustakaan sekolah. Isi dokumen meliputi
Judul, pengarang, penerbit, jumlah dan harga buku/koleksi beserta asal
perolehan/ dana.
3.
Penambahan data koleksi buku
referensi :
·
Buku non fiksi
Pembuatan dokumen penambahan buku non
fiksi pada perpustakaan sekolah. Isi dokumen meliputi Judul, pengarang,
penerbit, jumlah dan harga buku/koleksi beserta asal perolehan/ dana.
·
Buku fiksi
Pembuatan dokumen penambahan buku fiksi
pada prpustakaan sekolah. Isi dokumen meliputi Judul, pengarang, penerbit,
jumlah dan harga buku/koleksi beserta asal perolehan/ dana.
Daftar
Pustaka
Direktorat Jenderal Dikdasmen.Pedoman
Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.Jakarta:Diknas,
2002
Indonesia.Undang-undang Republik
Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta:Perpusnas, 2007
Indonesia.Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 25 tahun 2008 tentang Standar
tenaga perpustakaan sekolah/madrasah.Jakarta:Diknas,2008
Perpustakaan Nasional RI. Pedoman
Umum Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah.Jakarta:Perpusnas,2000
Perpustakaan
Nasional RI. Standar Nasional
Perpustakaan (SNP) Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan
Tinggi.Jakarta:Perpusnas,2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar